10 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Siapa yang dapat menolak pesona Yogyakarta? Kota yang terus menjaga budaya Jawa di dalam modernitas dunia itu senantiasa mempunyai tempat istimewa di hati beberapa wisatawannya. Untuk yang telah pernah berkunjung ke Kota Sang Sultan itu, tentu terus mempunyai harapan dapat bertandang kembali.

Kalimilk Yogyakarta

Sadar bakal potensi yang dipunyainya, Yogyakarta makin membuat cantik kotanya dengan selalu menaikkan jumlah obyek wisata. Tidak cuma obyek wisata alam serta budayanya, Yogyakarta juga dapat menarik perhatian dengan kulinernya.

Supaya tidak bingung mencari tempat istimewa untuk bersantap di kota istimewa itu, tersebut 10 obyek wisata kuliner di Jogja yang bakal bikin Anda mau kembali pada serta lagi ke kota itu :

1. Angkringan Lik Man




Angkringan tidaklah arti asing di Kota Pelajar itu. Angkringan tidak cuma jadi tempat kuliner rakyat yang murah meriah, tetapi juga jadi suatu budaya. Di angkringan, orang-orang dapat berkumpul serta terlibat perbincangan perihal apapun, dari mulai sepak bola hingga berita politik terhangat. Angkringan bisa dengan gampang Anda jumpai di Yogyakarta, tetapi ada satu angringan yang istimewa yakni Angkringan Lik Man.

Apa istimewanya Angkringan Lik Man? Angkringan Lik Man adalah angkringan pertama di Yogyakarta mulai sejak th. 1969. Menu yang di sajikan juga sama juga dengan angkringan biasanya seperti sego (nasi) kucing, sate telur puyuh serta bermacam gorengan. Namun ada yang satu sajian yang tidak sama, yakni Kopi Joss.

Kopi Joss adalah menu andalan ditempat wisata kuliner itu. Langkah penyajian kopi itu sangatlah unik lantaran kopi bakal digabung dengan arang yang masih tetap merah membara. Bunyi ‘jooossss’ yang ditimbulkannya inilah yang membuatnya dimaksud dengan Kopi Joss. Kopi Joss mempunyai rasa unik yang khas serta tidak dipunyai kopi yang lain. Konon, arang yang di celupkan ke kopi bakal menetralkan cafein hingga kopi itu aman untuk pencernaan Anda.

Angkringan Lik Man adalah satu diantara obyek wisata kuliner paling baik untuk nikmati Yogyakarta pada malam hari. Cuma dengan merogoh kocek sebesar 10. 000 – 15. 000 Rupiah saja, Anda telah dapat nikmati Kopi Joss serta nasi kucing dilengkapi dengan lauk simpel yang tidak kalah nikmat.

Alamat : Lokasi Stasiun Tugu, Yogyakarta

Jam buka : 18 : 00 – habis.

2. Gudeg Pawon



Mengulas kuliner Yogyakarta, tidak komplit terasa bila tidak menyebutkan gudeg. Gudeg telah jadi kuliner harus cobalah bila Anda bertandang ke Yogyakarta. Kuliner yang terbuat dari daging nangka muda itu banyak didapati ditempat makan di semua pelosok Yogyakarta. Bila mau menyantap gudeg ditempat yang tidak sama, datang saja ke Gudeg Pawon.

Gudeg Pawon adalah satu diantara obyek wisata kuliner istimewa di Yogyakarta. Tempat makan yang telah berdiri mulai sejak th. 1958 itu melayani pelanggannya segera dari dapur atau pawon dalam bhs Jawa. Anda dapat lihat tungku simpel yang dipakai untuk memasak gudeg itu. Walau tempatnya simpel, tetapi kesenangan gudeg disini tidak dapat disepelekan.

Gudeg Pawon dapat jadi pilihan pas untuk Anda yang sukai lakukan wisata kuliner pada malam hari. Nikmati nasi gudeg ditambah ayam serta satu gelas teh manis hangat bakal jadi sajian istimewa di dalam dinginnya Yogyakarta pada malam hari. Baiknya Anda datang saat sebelum jam buka lantaran sehari-harinya, Gudeg Pawon senantiasa banjir antrean konsumen.

Alamat : Jalan Dr. Soepomo, Umbulharjo, Yogyakarta.

Jam buka : 22 : 30 – habis.

3. Nasi Goreng Beringharjo




Nasi goreng memanglah dapat Anda jumpai dengan gampang dimana juga, tetapi tidak ada kelirunya mencicipi nasi goreng istimewa di Yogyakarta itu. Obyek wisata kuliner itu sudah berdiri mulai sejak th. 1960 serta hingga saat ini, rasa nasi gorengnya tidak beralih lantaran terus memakai resep lawas yang masih tetap terbangun.

Disini, Anda bisa pesan nasi goreng ayam atau nasi goreng babi. Walau ramai konsumen, tetapi Anda tidak butuh menanti lama hingga pesanan Anda siap. Hal semacam ini karena nasi goreng sudah dimasak dalam jumlah besar, namun masih tetap di sajikan dalam situasi hangat serta nikmat. Terkecuali nasi goreng, menu lain yang dapat Anda cobalah yaitu bihun goreng, bakmi goreng serta babi kecap.

Diluar itu, jumlah yang disiapkan juga terbilang tidak sama. Bila terasa belum kenyang menyantap satu jumlah nasi goreng, Anda bisa pesan jumlah dengan ukuran 1, 5 atau 2 yang di sajikan dalam satu piring.

Alamat : jalan Pabringan 1, Yogyakarta

Jam buka : 19 : 00 – habis.

4. Sate Klathak Pak Pong




Obyek wisata kuliner yang satu itu pas sekali untuk Anda pengagum sate kambing. Sate Klathak Pak Pong menghidangkan sate khusus yang tidak bakal Anda dapatkan ditempat lain. Sate itu mempunyai rasa yang khas serta nikmat. Hal semacam ini didapat dari bumbu simpel yang digunakannya. Sate Klathak cuma memakai garam, merica serta kecap. Tiga bahan minimalis inilah yang bikin sate mempunyai rasa yang khas.

Terkecuali bumbu, alat yang dipakai memasak juga tidak sama. Bila umumnya daging dibakar dengan memakai tusuk sate yang terbuat dari bambu, Pak Pong memakai jeruji besi sepeda. Konon, pemakaian jeruji besi itu dapat bikin daging masak rata. Diluar itu, hal semacam ini juga dapat dibuktikan ramah lingkungan lantaran jeruji besi bisa dipakai berulang-kali, tidak seperti tusuk sate dari bambu yang cuma sekali gunakan.

Alamat : Jalan Imogiri Bantul, Yogyakarta



5. House of Raminten




Obyek wisata kuliner itu jadi bukti bahwa menu tradisional dapat di sajikan lewat cara yang menawan serta berkelas. House of Raminten adalah suatu tempat tinggal makan yang menghidangkan menu tradisional Yogyakarta seperti tahu bola, wedang sereh, cunduk, brongkos, sate lilit serta nasi kucing.

Arsitektur tempat tinggal makan itu terbilang luar umum. Anda dapat temukan suatu kereta kuda diluar tempat tinggal makan, sedang di dalamnya Anda dapat lihat ruang berarsitektur Jawa dengan wangi dupa khas. Seolah belum komplit, Anda bakal makan diiringi dengan gending Jawa yang selalu mengalun dirumah makan itu.

Terkecuali arsitektur serta menunya, pelayan disini juga menggunakan baju khas yang berbentuk kemben Jawa. Di meja, ada suatu kentongan yang dipakai untuk memanggil pelayan bila Anda memerlukan suatu hal.

Alamat : Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta

Jam buka : 24 jam


6. Banyu Mili Contry Club



Tidak cuma obyek wisata kuliner, tempat ini dapat adalah suatu tempat rekreasi keluarga. Tempat tinggal makan itu memanglah ada satu tempat dengan wisata air yang terbagi dalam kolam renang, wahana air dan rimba serta danau buatan. Suatu tempat rekreasi sekalian wisata kuliner yang pas untuk keluarga.

Senang bermain air, waktunya Anda memuaskan lidah serta perut. Cobalah cicipi menu andalah disini yakni kepiting telur serta udang bakar madu. Kepiting serta udang yang dipakai adalah hasil budidaya sendiri hingga di pastikan masih tetap fresh waktu dimasak. Menu lain yang tidak kalah lezat yaitu gurame bakar, ayam goreng serta cumi bakar.

Alamat : Perum Griya Mahkota, Jalan Godean KM 4, 5, Yogyakarta.

Jam buka : 10 : 00 – 22 : 00 (Resto) serta 07 : 00 – 18 : 00 (Wahana rekreasi)

7. Bong Kopitown




Bong Kopitown adalah satu diantara obyek wisata kuliner memiliki konsep penjara di Yogyakarta. Bangunan di buat mirip penjara komplit dengan sekat jeruji besi di tiap-tiap ruang. Anda dapat lihat sipir penjara yang berdiri dibalik meja kasir serta narapidana yang hilir mudik mengantar pesanan ke tiap-tiap meja makan.

Sebagian menu andalan yang di tawarkan disini diantaranya kopi tetes, sapo tahu, Penang fried noodle serta rendang spicy noodle. Demikian duduk di kursi, janganlah kaget bila Anda bakal didatangi pelayan yang menyodorkan selembar ‘koran’ yang nyatanya diisi daftar menu serta histori berdirinya tempat tinggal makan.

Alamat : Jalan Sagan Kidul 4, Yogyakarta.

Jam buka : 10 : 00 – 24 : 00

8. Mie Telap 12




Sempatkah Anda lihat gambar di bungkus mie instan serta terasa tergoda untuk mencicipinya, tetapi kecewa lantaran waktu membuatnya sendiri dirumah, mie jauh dari deskripsi? Anda tidak butuh terasa kecewa bila datang ke Mie Telap 12. Disini, Anda bisa nikmati mie instan yang di sajikan sama seperti yang tampak di bungkusnya.

Bila Anda pesan mie instan rasa rendang umpamanya, jadi Anda bakal memperoleh semangkok mie instan komplit dengan potongan daging rendang serta topping yang lain yang diatur persis sama dengan di bungkusnya. Untuk minuman, Anda dapat nikmati bermacam milkshake serta soda float.

Alamat : Jalan Pandean 10B, Yogyakarta.

9. Kalimilk Yogyakarta




Bila di kota lain, coffee shop sangatlah menjamur, hal-hal lain berlangsung di Yogyakarta. Di kota itu, kafe susu yang malah popular. Di Yogyakarta, ada banyak kafe yang menghidangkan bermacam product olahan susu, satu diantara yang populer yaitu Kalimilk.

Kalimilk mempunyai sebutan unik untuk pelanggannya yakni Neneners. Disini, Neneners dapat mecicipi susu bermacam rasa dari mulai cookies, durian, coklat serta bermacam makanan ringan. Jumlah yang di tawarkan yaitu medium serta gajah. Untuk jumlah gajah, yakinkan pada awal mulanya Anda sudah mengosongkan perut lantaran jumlah gajah betul-betul memiliki ukuran jumbo.

Untuk tempat, Kalimilk di desain semi terbuka serta tidak memakai AC, tetapi cuma kipas angin. Walau sekian, Anda tidak butuh cemas kepanasan, lantaran angin dari luar dapat masuk serta tentu bakal lebih sehat dibanding angin dari AC.

Alamat : Jalan Kaliurang KM 4, 9, Yogyakarta

Jam buka : 11 : 00 – habis.

10. Manggar Manding




Bila gudeg biasanya terbuat dari daging nangka muda, hal tidak sama dapat Anda dapatkan di Manggar Manding. Gudeg disini terbuat dari manggar atau bunga kelapa yang masih tetap muda. Konon, gudeg manggar itu adalah menu istimewa di kerajaan dulu yang umum di sajikan dengan sayur krecek serta tempe bacem. Jadi, bila Anda mencicipi gudeg manggar, bermakna Anda sudah nikmati sajian istimewa kerajaan.

Konon, manggar mempunyai manfaat yang sangatlah bagus lantaran dapat pancarkan kecantikan penikmatnya dari dalam. Tidak mengherankan bila gudeg manggar jadi menu favorite beberapa puteri kerajaan jaman dulu.

Alamat : Jalan Parangtritis KM 11, 5, Manding, Bantul, Yogyakarta. 

0 Response to "10 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Wajib Dikunjungi"

Posting Komentar